11 Juni 2009

Cara Menampilkan Kode HTML di Postingan


Mungkin di antara kita sering membuat atau menulis beberapa isi postingan blog dalam bentuk kode HTML namun setelah dilihat pada mode visual ternyata kode yang kita tulis tidak muncul di postingan. Bagaimana cara agar kode HTML tampil di postingan? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menampilkan kode HTML di halaman posting atau kode yang ditulis bisa nampak di posting blog kita.
Pertama kita perlu mengganti karakter HTML, maksudnya kita mesti mengganti kode yang sering kita gunakan pada penulisan. Contoh Tanda <> Anda ganti dengan >
Jadi, yang Anda ganti hanya kurung buka dan kurung tutupnya saja. Hal itu sudah mewakili seluruh kode HTML Anda
Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan jasa dari Website Encode and Decode seperti centricle.com, di sini kita tinggal meng-copy and paste hasil dari encode atau decode dari websitenya ke postingan kita. Encode berarti mengubah ke bentuk notasi dan decode mengganti ke bentuk karakter HTML semula. Yang lain seperti accessify.com, Blogcrowds, dll.
Cara ketiga yaitu dengan memberinya kotak pada kode htmlnya. Kalo bahasa scriptnya namanya text area. Adapun untuk membuat kode text areanya adalah seperti contoh berikut:
<textarea rows="4" cols="55" name="code">
dan di akhiri dengan
< /textarea >
rows adalah jumlah baris yang diinginkan kalo diisi 4 brarti akan memuat 4 baris dan cols adalah jumlah kolom yang kita inginkan. kalo diisi 55 brarti panjang kolomnya seperti contoh kotak diatas. silahkan dikira2 mau diisi berapa yang kita inginkan. Untuk menuliskan kodenya letakkan sebelum kode: < /textarea >
Jangan lupa, sebelum menerbitkan postingannya, lihat dulu tampilan pratinjaunya. Caranya dengan meng-klik tulisan pratinjau di pojok kanan atas. Kalo pada saat kita terbitkan entri ada pesan kesalahan (html anda tidak diterima) silahkan di ceklist aja pada tulusan "berhenti menunjukkan kesalahan judul bla bla.." dan klik lagi "terbitkan entri"

0 komentar:

Posting Komentar

 

Meindra's Blog Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template